Yuk kita wisata gan, biar ga jenuh dengan kehidupan yang penat ini.

Legenda Curug Maribaya Menjadi Cerita Rakyat Kota Bandung

0 526

Legenda Curug Maribaya – Sebuah tempat selalu meninggalkan legenda yang menarik untuk ditelusuri. Begitu juga dengan tempat wisata alam Curug Maribaya ini. Curug dalam bahasa Sunda berarti air terjun, sedangkan Maribaya, menurut cerita yang beredar di masyarakat berasal dari nama seorang perempuan yang sangat cantik. Karena kecantikannya itulah banyak pria yang memperebutkannya.

Legenda Curug Maribaya Bandung

Maribaya adalah putri dari Eyang Raksa Dinata. Melihat banyaknya pria yang memperebutkan anaknya, timbul kekhawatiran bahwa akan terjadi hal buruk yang menimpa putrinya. Eyang Raksa Dinata memutuskan pergi meminta petunjuk dan keberkahan untuk keluarganya dengan cara bersemedi di dalam hutan.

Eyang Raksa Dinata pun berhasil mendapat petunjuk dari usahanya itu. Ia memutuskan kembali ke kampung asalnya dan mencoba mengelola sebuah kolam pemandian air panas. Maksud sebenarnya adalah hanya untuk menghindari pertumpahan darah, namun karena kolam pemandian air panas tersebut justru juga membuat keluarga Eyang Raksa Dinata menjadi berkecukupan.

Sejak pertama kali dikelola pada tahun 1835 oleh Eyang Raksa Dinata banyak wisatawan yang datang dan ingin menikmati sensasi berendam di kolam pemadian air panas tersebut. Kolam pemandian air panas tersebut ternyata juga dapat digunakan sebagai tempat pengobatan. Maka tidak heran, dari waktu ke waktu wisatawan yang berkunjung ke tempat ini semakin ramai. Tetapi kawasan wisata ini sempat lama sekali ditutup karena sedang dalam tahap renovasi, baru dibuka kembali pada tahun 2015 dengan pemandangan alam sekitar yang lebih indah.

Leave A Reply

Your email address will not be published.