Yuk kita wisata gan, biar ga jenuh dengan kehidupan yang penat ini.

Tempat Wisata Air Terjun di Pasuruan Jawa Timur

0 360

Tempat Wisata Air Terjun di Pasuruan – Berbicara tentang Jawa Timur Khususnya di pasuruan tidak lekang oleh wisata air terjunnya dimana kota pasuruan ini memiliki wisata air terjun yang begitu indah dan menarik untuk kita kunjungi, pasuruan jawa timur memang tempatnya wisata menarik untuk liburan. jika anda sedang berkunjung ke pasuruan anda harus coba wisata air terjun yang di miliki kota pasuruan ini, kami yakin anda tidak akan kecewa dengan keindahan alam sekitarnya. nah berikut ini kami akan merangkum sedikit tentang tempat wisata air terjun yang ada di pasuruan jawa timur.

Bagi kamu yang berada di Jawa Timur tentunya tidak boleh melewatkan tempat wisata air terjun yang akan saya bahas dibawah ini. Kerna selain memiliki pemandangan alam yang sangat indah, Kamu juga akan mendapatan pengalaman berlibur yang berbeda dari biasanya. Yuk mari ah, kita simak saja Wisata Alam Air Terjun di Pasuruan.

Tempat Wisata Air terjun di Pasuruan Jawa Timur

wisata air terjun di pasuruan jawa timur sumber nyonya

Wisata Air Terjun Gumandar Pasuruan

Air Terjun Gumandar cukup unik karena tak mempunyai aliran sungai untuk mengaliri air yang jatuh dari atas tebingn,langsung masuk ke tanah untuk diserap yang kemudian keluar lagi melewati sumber air disekitar pemukiman warga. Tidak jauh dari Air Terjun Gumandar terdapati air terjun lainnya yang bernama Air Terjun Deleg. letak air terjun tersebut sekitar 11 km dari Kaliandra, Tempatnya Pusat Pendidikan Alam dan Budaya.

Wisata Air Terjun Sumber Nyonya

Salah satu yang populer sebagai Tempat Wisata Air Terjun di Pasuruan adalah Air Terjun Sumber Nyonya merupakan sebuah air terjun yang tergolong sangat aman karena air tidak langsung jatuh begitu saja ke tanah, air yang jatuh terlebih dahulu mengenai batuan yang berada di sekitarnya, sehingga tak ada tempat yang begitu dalam di sekitar hempasan air. Air terjun tersebut terletak di areal perkebunan kopi warga. Keberadaan air terjun tersebut juga tidak jauh dari wahana wisata Bukit Flora.

Air Terjun Coban Cemoro Gading

Coban Cemoro Gading merupakan air terjun yang tinggi bahkan tertinggi di kawasan Nongkojajar. Sama dengan Air Terjun Sumber Nyonya, Coban Cemoro Gading tergolong tidak sangat berbahaya karena air yang jatuh dari atas langsung mengenai batuan sehingga tidak ada kubangan air yang dalam. Tempat ini tergolong sangat sulit untuk dijangkau karena letaknya yang sangat jauh.

Air Terjun Coban Waru Pasuruan

Coban Waru atau juga dikenal dengan sebutan Coban Joyo/Coban Wonosari. Coban ini yang memiliki ketinggian 25 meter. dan Curah hujan di kawasan rata-rata sekitar 1.800 mm/th dan memiliki bulan basah antara November sampai Maret dan bulan kering bulan April sampai Oktober dan mencapai suhu sekitar 22°C. Tempat tersebut sangat cocok banget untuk melepaskan kepenatan anda dari aktivitas sehari-hari. Kondisi alamnya yang masih begitu alami dan udaranya begitu sejuk akan membuat pikiran anda jauh lebih tenang dan tidak ingin cepat-cepat beranjak dari tempat ini.

Wisata Air Terjun Coban Baung

Coban Baung yang berketinggian sekitar 100 m dan letaknya berada di dalam Taman Wisata Alam Gunung Baung dan memiliki keluasan 195,50 Ha. Air terjun ini bersanding dengan Kebun Raya Purwodadi di sebelah barat yang merupakan pertemuan antara dua aliran sungai, Sungai Welang dan Sungai Beji. Selain air terjun Coban Baung, di sisi timur terdapat 4 buah air terjun yang memiliki ketinggian 10 – 20 meter yang terletak di sepanjang aliran Sungai Beji.

Air Terjun Rambut Moyo

Nama Rambut Moyo konon katanya berasal dari nama sebuah makam yaitu makam Mbah seorang tokoh yang sekarang namanya telah diabadikan untuk identitas sebuah air terjun yaitu air terjun rambut moyo. yang sesuai dengan namanya, aliran air terjun tersebut memang mirip rambut, tipis-tips tapi tersebar banyak. Di bebatuan yang di aliri aliran air terjun banyak ditumbuhi lumut-lumut yang cukup tebal berwarna hijau dan banyak batuan-batuan besar berserakan disekelilingnya.

Air Terjun Kakek Bodo

Air Terjun Kakek Bodo yang berada di ketinggian sekitar 850 meter dari permukaan laut dan mempunyai ketinggian air terjun sekitar 40 meter. Air terjun ini juga berada di dalam kawasan wisata Tretes di lereng Gunung Welirang di pegunungan Prigen, Jawa Timur, dan berada dalam kawasan hutan lindung di RPH Prigen, BKPH Lawang Barat, Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Pasuruan jawa timur.

Wisata Air Terjun Putuk Truno

Air Terjun Putuk Truno adalah tempat wisata air terjun di pasuruan dengan ketinggian sekitar 45 meter dan berada di kawasan kaki Gunung Welirang dan Arjuno. Air Terjun ini juga berada dekat dengan kawasan wisata Tretes dan hanya berjarak sekitar 400 meter dari Aj. Kakek Bodo. Konon, cerita dari warga setempat nama air terjun putuk turno diambil dari mitos seorang yang bernama Joko Truno, seseorang peta yang menjelma menjadi ular(putuk)

Wisata Air Terjun di Pasuruan Alap-alap

Air Terjun Alap alap ini letaknya berada di atas Air Terjun Kakek Bodo dan letaknyapun masih di sekitar area pegunungan Gunung Arjuno dan Welirang. Ketinggian air terjun tersebut sekitar 40 meter dengan tiga tingkatan. Di bawah jatuh nya air ini terdapat genangan yang menampung air seluas sekitar 60 m2.

Air Terjun Tundo Pitu

Air Terjun Tundo Pitu terletak hanya beberapa meter saja dari jalan utama Puspo-Tosari bisa dinamakan Air Terjun Tundo Pitu karena air terjun ini memiliki lekukan tujuh. tapi sayang letaknya sangat terlalu jauh karena ada ditengah-tengah hutan lebat jadi tidak banyak orang-orang tahu tempat air terjun indah tersebut.

Itulah tempat wisata air terjun di pasuruan jawa timur yang asik dan menarik untuk dikunjungi, keindahan yang di miliki air terjun di atas memang sangat memikat hati para pengunjung, semoga kita bisa ke 10 tempat wisata air terjun di pasuruan jawa timur ini.

Leave A Reply

Your email address will not be published.